Minggu, 03 Juli 2011

Wanita....Ibu...Isteri.....

                                           Sebagai Ibu,Isteri,anak..ketiganya adalah wanita

oleh Sri Utami pada 23 Desember 2009 jam 18:35
Sungguh sangat Jelas Ajaran Islam Mendudukkan dan menuntun kita dalam hidup dan kehidupan ini.

Wanita,ibu,isteri,..adalah satu kesatuan yang berbeda namun tak dapat dipisah dan dipilah. Dia hadir dalam sosok yang sama namun dalam konsekwensi yang sangat berbeda.. Persamaan mutlak berasal dari kelembutannya,keanggunannya dan kasih sayangnya...Namun jika kita telaah lebih jauh sungguh banyak sisi sisi yang harus kita pilah...

Seorang Ibu atau Isteri sudah pasti seorang wanita,namun seorang wanita belum tentu menjadi seorang ibu atau seorang isteri...
Seorang Ibu belum tentu seorang isteri dan sorang isteri juga belum tentu menjadi seorang ibu..
sungguh nikmat yang wajib kita syukuri jika bisa mendapat predikat ketiga" nya
Bagi saudaraku yang hanya kebagian salah satu diantaranya..mari kita ambil hikmah di balik karunia dari yang Maha Pencipta...karena bukan kah Dia Allah Swt yang lebih tahu tentang kebutuhan kita? Yuk...Tetap kita Syukuri apa pun adanya...InsyaAllah Amin...

=) Wanita

Wanita adalah Tiang Negara. Jika Baik akhlak wanitanya maka baik lah negaranya,dan Jika buruk akhlak wanitanya,maka hancurlah negaranya ( Al-Hadist)
Karena itu Wanita sangatlah penentu dalam maju mundurnya suatu bangsa. Banyak kemungkinan yang akan tercipta dari segala fenomena Wanita.

* Wanita bisa menjadi sumber fitnah jika tak pandai dalam memilih dan memilah segala bentuk masalah,namun akan menjadi karomah jika pintar dan bijaksana
*Wanita juga akan menjadi ujian yang sangat berat jika yang memimpin nya kurang bijaksana dalam mensikapi segala bentuk dilema...
*Namun wanita juga akan menjadi suatu Anugerah yang tak terhingga jika di tata dan dituntun sesuai dengan ajaran agama

=) Ibu

Aljannatu tahta agdaamil Ummahaat ( Al Hadist) ....syurga itu di telapak kaki Ibu....
Alangkah mulianya Seorang ibu dalam tuntunan Rosulullah.
Beberapa hal yang mungkin kita bisa petik dr sana..sepertinya ini adalah simbol,namun sesungguhnya adalah sangat nyata...

* Hanya Ibu yang berhak di sanjung dan di junjung setelah Allah Swt dan Rasulnya..

* Ibu adalah tampuk dari segala asa,rasa dan jasa kita...Untuk memohon Ridho beliau kita harus tundukkan kepala di kakinya. karena itu...
= telapak seorang ibu haruslah suci bersih agar anak" yang menciumnya terhindar dari segala penyakit duniawi.
=Jika telapak kakinya saja harus bersih,..apalagi muka hati,fikiran dan kepalanya...Ini adalah lambang bahwa seorang ibu harus benar" suci lahir dan Bathin nya

* Ibu selalu ditinggikan derajadnya oleh anak" nya...Tak seorang pun anak yang boleh merendah kan ibunya...Karena Allah Swt telah meletakkan Syurga di dasar paling bawah dari tempat berpijaknya seorang ibu...bagaimana kita bisa merasa lebih tinggi di banding ibu kita sendiri?

* Pertanda Allah Swt meletakkan di tempat paling bawah,agar kita semua mudah mencapai nya,walau dalam kondisi selemah apapun,...kita tidak mesti duduk,berdiri atau pun berlari,..karena letaknya sangatlah rendah.

Saudaraku....Ini hanyalah simbol saja...yang sesungguhnya mari kita wujudkan dalam relita menyantuni,menyayangi,memuliakan dan membahagiakan ibu kita dengan ikhlas,dan penuh kasih sayang. Karena saya yakin,tak seorang pun diantara kita yang tidak terlahir dr rahim seorang ibu.

@ Dari Rahim seorang Ibu,..akan hadir petinggi petingi negara dari seluruh belahan dunia
@ Dari Dapur kecilnya si ibu telah membekali anak anak bangsa yang sehat dan kuat penuh gizi
@ Dari Tutur kata lidahnya telah lahir para Imuwan" dan profesional yang ber Etika dan bermartabat
@ Dari Kelembutannya seorang ibu telah melahirkan peradaban dunia yang makin hari maki dahsyat
@ Dari kekerasan hatinya seorang ibu telah membangun Generasi muda yang mandiri

Semoga kedepan..sebagai seorang ibu,...kita akan ciptakan sesuatu yang lebih baik lagi..Amin

=) Isteri

Dalam surat Albaqarah 187 di jelaskan oleh Allah Swt...Hunna libaasullakum,waantum libaasullahunna yang artinya Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka..
Dari ayat ini jelas antara suami istri harus saling melengkapi dan menutupi satu sama lain. Allah mengibarat kan dengan pakaian karena pakaian itu sangat lah besar pengaruhnya dalam kehidupan kita. Kita bisa bayangkan jika harus hidup tanpa pakaian. Bisa jadi kedinginan ataupun terhindar dr yang bakal menyakiti.
Terang sekali tergambar saling keterkaitan antara suami dan isteri. Tidak ada yang merasa harus lebih dipentingkan ataupun di kesampingkan. keduanya saling mendukung dan saling melengkapi.Jika pakaiannya bagus,maka dengan sendirinya suami akan di pandang lebih baik kemanapun dia pergi,namun jika pakaiannya buruk,maka itu pulalah yang akan mempermalukan suaminya sendiri,..pakaian itu adalah isterinya sendiri. Dan yang di maksud pakaian itu juga bukan pula cantiq atau elok rupa saja,tapi jauh lebih dalam yaitu hati dan tingkah laku isteri atau pasangannya.
Lebih jelas lagi Al Qur'an menerangkan tentang Wanita dalam Surat annisa ayat 1 penggalannya...Wakholaqa zaujaha wabastaminhuma rijaalan kastiiran wannisa' ...dst yang artinya dan dari padanya Allah menciptakan istrinya,dan dari pada keduanya Allah Swt memperkembang biakkan laki" dan perempuan yang banyak.
Sungguh dari ayat ini pulalah tergambar perran besar seorang istrri dalam membangun masa depan dunia. Bahkan sebagian pendapat yang sangat sejak lama kita kenal bahwa Wanita tercipta dari tulang rusuk Pria...Mohon maaf sampai saat ini saya belum temukan dalil yg konkrit,dan mohon beri tahu saya jika diantara saudara ada yg tahu...Tapi tidak ada salah nya jika pernyataan itu kita telaah maksud baiknya...

Jika kita maknai dengan kehidupan suami isteri, maka ada hikmah besar yang tersirat dari sana...

@ Tulang Rusuk terletak di samping,disisi yang selalu di lindungi oleh banyak bagian tubuh yang lain.
@ Tidak dari tulang kepala,..karena tak ada alasan seorang isteri untuk di junjung dan di letakkan melebihi derajad suami.
@ Tidak pula dari tulang dada,karena isteri bukanlah ujung tombak dari setiap masalah yang dihadapi oleh suami,tapi dia selalu berjaga" disaat suami maju kedepan dan menutupi disetiap kekurangan.
@ Tidak pula dari tulang kaki,karena dia tidak boleh di rendahkan atau pun disepelekan,namun tempatnya selalu seiring sejalan dengan perisai tubuh sang suami.
@ Tidak juga dari tulang tangan,karena dia bukan untuk disuruh atau diperintah semaunya.
@ Dia bersemayam disisi sang suami,dekat dengan hati,agar selalu disayang dan dicintai,dekat dengan jantung agar selalu mengerti disetiap makna debaran jantung sang suami,dekat dengan lambung,agar selalu merasakan kenyang atau laparnya sang suami,dekat dengan paru" karena dari desahan nafas sang suami akan dia rasakan berat ringannya masalah yang tengah dipikul sang suami. dekat juga dengan urat leher,karena disitulah letak segala simpul pembuluh darah sang suami.

Dari uraian diatas,mungkin kita menemukan perbedaan yg lebih jelas antara Wanita,ibu dan isteri,terutama dari segi kedudukan nya disisi laki".

Saya sadari,tulisan ini sangatlah jauh dari sempurna,karena hanya di tulis oleh seorang ibu rumah tangga yang menulis di sela" kesibukan menjalankan tugas sehari.
Karenanya,alangkah senang dan bangga nya saya jika saudara" ku semua memberi masukan atau saran yg positif sehingga saya bisa belajar lebih banyak lagi.


Doha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar