Minggu, 03 Juli 2011

Ketika menjadi Orang tua,..Adakah kita Ingat saat kita dulu Sebagai Anak.???

 

oleh Sri Utami pada 25 Juni 2010 jam 19:57
Ketika menyandang Titel Menjadi Orang tua,adalah sebuah kenikmatan dan kebanggaan yang tak bisa di ukur dengan harta apapun...bahagia luar biasa,serasa hidup telah benar benar sempurna.Begitu juga yang di rasakan oleh semua orang tua termasuk orang tua kita.Banyak Hal hal yang kalau difikir kita tidak akan sanggup,tapi karena hati yang suka cita,harapan yang tinggi,..semua bisa dijalani dengan mudah tanpa rasa lelah.Begitu jua lah sesungguhnya yang telah dilalui oleh orang tua kita.Tapi adakah kita mengingatnya??
Adakah kita berbuat kepada orang tua kita,sama halnya seperti kita memperlakukan dan memperioritaskan anak anak kita???

Beberapa Contoh diantaranya :

=> Tatkala melahirkan sibuah hati,adalah pertaruhan hidup dengan mati. Setiap tahun kita selalu ingat akan tanggal lahir kita dan tanggal lahir anak" kita...Tapi adakah kita pernah ingat,bahwa sebenarnya,pas tanggal itu,orang tua kita waktu itu meregang nyawa,mempertaruhkan sebuah kehidupan untuk kita??

=> Bangun ditengah malam,disaat semua orang tidur lelap bersama mimpi mimpi yang indah,orang tua tanpa keluh bangun untuk mengganti popok atau mungkin menggendong semalaman karena anaknya rewel atau sudah puas tidur diwaktu siang.Sebaliknya,sebagai seorang anak,bersediakah kita untuk bangun tengah malam hanya sekedar menemani orang tua kita yang lagi ga bisa tidur,karena beberapa keluhan atau kegelisahan yang tengah dialaminya??

=> Sering sekali kepada si kecil,sebelum tidur,atau pulang bermain,kita disuguhi cerita cerita menarik,atau dongengan dongengan sebelum tidur,bahkan mungkin usapan dan pijatan lembut,..Tapi sebaliknya,adakah kita bersedia mendengar cerita cerita,atau mungkin bercerita ringan bahkan mengusap atau memijat orang tua sebelum beliau terlelap tidur??

=> Tidak sedikit kita mencari buku" tentang psichology anak,agar pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan yang kita harapkan,tapi sebaliknya adakah kita pernah mencari buku" yang bisa membuat orang tua kita bahagia di masa tuanya??

=> Setiap saat setiap waktu kita bermohon dan berdo'a untuk kebahagiaan anak anak kita,tapi adakah kita pernah khusus berdo'a untuk orang tua selain Do'a do'a harian yang memang telah fasih dilidah,bahkan kita mengucapkan diluar kesadaran karena sudah sangat hafal,tapi tanpa penghayatan dan kekhusukan???

=> Sering sekali kita mengatur jadwal picnik bersama anak anak,agar anak anak senang,..tapi pernahkah kita memasukkan orang tua didalam jadwal kebahagaan itu,seperti pentingnya anak" kita ??

=> Kita sangat khawatir jika sikecil panas,demam apalagi kalau sakitnya agak parah.Tidak sedikit orang tua yang membuatkan asuransi kesehatan untuk anak anaknya. Tapi adakah kita khawatir,ketika orang tua kita sakit,demam ataupun penyakit yang sudah kronis sekalipun?? Sangat jarang kita saksikan,seorang anak mengasuransikan kesehatan orang tuanya...Mari kita tanya kepada para petugas Asuransi,berapa perbandingan yang mengasuransikan anaknya dengan yang mengasuransikan orang tuanya.

=> Kita sering bangga dengan prestasi anak anak kita,baik disekolah ataupun disegala bentuk kegiatan.
Tapi pernahkah kita bangga dengan orang tua kita yang telah membuat kita hidup sukses sehingga bisa juga menjadikan cucu cucunya sukses dan berprestasi?

=> Banyak orang tua memburu susu terbaik,merek terkenal,nutrisi yang tepat untuk anak anaknya,agar bisa sehat,kuat dan cerdas.
Tapi sangat jarang kita dengar,seorang anak sibuk mencari informasi susu terbaik,nutrisi yang tepat untuk orang tuanya agar selalu sehat,kuat dan tidak mengalami pikun hingga ajal menjemputnya.

=> Yang paling trend saat ini adalah banyak orang tua yang menabung ataupun mengasuransikan pendidikan anak anaknya agar kelak menjadi anak yang sukses,dan tidak mengalami kesulitan ekonomi setelah dewasa.Tapi adakah anak menyisihkan sedikit saja dari rezekinya apalagi mengasuransikan agar orang tuanya tidak kesulitan ekonomi dimasa tua setelah tak ada daya mencari nafkah?

=> Dari jauh jauh hari,orang tua berusaha membeli dan mempersiapkan rumah untuk anaknya,agar suatu saat kelak,anaknya tidak harus terlunta lunta dijalanan,kalau pun hidup seadanya,tetap ada tempat berteduh.Tapi adakah anak berfikir berfikir untuk menyediakan rumah buat orang tuanya,supaya bisa tinggal lebih nyaman,lebih bebas dan lebih leluasa dirumah nya sendiri???


=> Yang tatkala trend saat ini,dengan segenap daya upaya,bahkan ada yang harus menghutang,orang tua berusaha membelikan anaknya HandPhone dengan berbagai alasan,seperti agar mudah dihubungi kalau kangen,agar anaknya tidak kerepotan dalam berbagai urusan bahkan hanya sekedar agar anaknya tidak ketinggalan trend dengan teman" nya sehingga anaknya tidak rendah diri.Namun adakah anak berupaya bahkan berrhutang agar mudah bertanya dan memantau kondisi oramg tuanya??

=> Ketika makan yang Enak enak,orangtua selalu ingat dan menyisihkan untuk anaknya,tapi pernahkah anak mengingat/menyisihkan sebagian untuk orangtuanya??

=> Banyak orang bilang kalau orang tua kaya,anak jadi ratu/raja dirumahnya. Bebas menikmati dunia seperti bebasnya burung besenda gurau di cakrawala.Tapi tatkala anak yang kaya,tidak sedikit orangtua yang tersiksa dengan sederetan aturan dirumahnya. Bisakah orang tua bebas merengek ke anaknya,sebebas anaknya merengek kepada orang tuanya??

Ya Allah,Ya Robb...Ampunkan Dosa Kami,Dosa kedua orang tua kami,Sayangilah mereka,sebagai mana mereka menyayangi kami diwaktu kami kecil...Jangan sekali kali engkau biarkan hati ini terbersit untuk menyakitinya,jangan sampai lidah yang tajam ini menebas perasaannya,jangan sampai sikap yang kurang berbudi ini melukai hati nya...Amin Ya Allah..Amin ya Rohman...Amin Ya Rohiim


Qatar

25 Juni 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar