Minggu, 28 Agustus 2011

Merawat Cinta, Menyemai Kasih sayang

Ibarat sebatang pohon,cinta juga perlu perawatan dan pemeliharaan agar tumbuh subur dan tak mudah layu.Bunga akan semakin Indah jika dirawat oleh tangan yang trampil. Pohon akan tumbuh  subur,jika dipupuk dan disiram setiap hari.Hama yang mengganggu harus segera disingkirkan,agar tidak mengganggu pertumbuhannya.Demikian juga dengan Cinta dan kasih sayang,perlu dirawat dan dipupuk.
Caranya antara lain :

1. Letakkan/tanamlah didalam wadah kejujuran dan keikhlasan. Wadah /media sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangannya.Jujur dan Ikhlas akan memberi peluang agar cinta kasih berkembang dan tumbuh subur diatas fondasi dan media yang kita sediakan. Dengan media jujur ,yang berakar  pada hati yang tulus Ikhlas ,maka pohon cinta kasih akan tumbuh kokoh dan kuat walau diterpa angin ,badai dan teriknya cuaca kehidupan. mari jadikan pasangan kita  tempat berbagi yang paling dipercaya setelah Allah Swt,sehingga cinta tak perlu tumbuh diwadah yang lain,karena itu hanya akan mempersulit diri dan cendrung mengancam pertumbuhan cinta yang sedang kita semai.

2. Ada dua hal yang harus benar benar benar kita fahami dari orang yang kita Cintai. Pertama apa yang menjadi kebutuhan /kesukaannya dan yang kedua apa yang tidak dia sukai. Kedua hal ini tidak boleh kita abaikan,karena bisa berakibat fatal dalam kelanggengan Cinta yang sedang bersemi. Seperti hal nya tanaman,kita harus benar benar mengenal karakter tanaman yang sedang kita rawat. tidak semua tanaman memiliki karakter sama. Ada yang suka tumbuk ditempat panas,ada yang malah hanya bisa hidup ditempat dingin.Ada yang perlu disiram dan selalu berair,ada yang malah mati kalau kebanyakan air. Demikian juga orang yang kita Cintai. Setiap orang punya prinsip,sifat dan karakter masing masing. Berusahalah untuk melengkapi segala kebutuhan orang yang kita Cintai,dan jangan sekali kali melakukan hal hal yang tidak dia sukai.


3.Siramlah setiap hari dengan hati yang ceria,sifat yang bersahaja,sikap yang bermartabat,senyum yang mempesona,sapaan yang menggetarkan jiwa,tutur kata yang ramah tamah,do'a dan salam sapa,agar cinta tidak mudah mati dan layu. Mari nikmati Hidayah bersama sama dengan suka cita,bekerja sama,gotong royong,solat berjamaah,agar tumbuh kembang Cinta tidak kekurangan kualitas.

4. Pada waktu waktu tertentu,pupuklah agar tidak kekurangan gairah.Persis seperti tanaman,Pupuk harus sesuai dengan kadar dan kapasitasnya. kekurangan pupuk akan membuatnya cepat layu,tapi kelebihan dosis pupuk juga akan menjadikannya cepat mati.Karena itu,kita harus mampu membaca situasi dan faham tentang kondisi dan takarannya. caranya seperti :

    a. Bertamasya/rekreasi. Tidak mesti dengan biaya mahal,tapi kapan dan dimanapun kita bisa melakukannya. Seperti bersantai di alam,sawah,ladang,tempat" yang punya pemandangan cukup indah,pantai,gunung ,kolam,atau apa saja yang bisa membuat kita relax dan menghabiskan waktu bersama keluarga,dan melepaskan diri sejenak dari segala rutinitas hidup yang biasanya kita tekuni.Namun hidup yang terlalu santai juga akan merusak pertumbuhan Cinta.

     b. Sesekali,sediakan waktu untuk berdua saja mengurai kisah tentang banyak hal ,membidik  rencana masa depan,melirik kemasa lalu,atau mungkin membahas kondisi yang tengah dihadapi. Bercerita tentang sibuah hati,cerita tentangku dan tentangmu..atau apa saja ,mulai dari hal hal sepele,sampai kepada yang sifatnya serius.Tapi sebaliknya,terlalu banyak berencana justru akan menjadikan kita hanya hidup dalam angan angan semata dan akan cendrung berujung gombal.Atau kebanyak menyesali masa lalu,hanya akan membuat kita putus asa.Lebih fatal lagi,jika waktu hanya dihabiskan untuk mengenang kejayaan masa lalu,akan membuat kita jatuh pada pelukan lamunan berkepanjangan yang juga bisa merusak kejayaan Cinta.

     c. Dalam moment moment tertentu,ajaklah keluarga makan diluar,agar tidak terlalu jenuh dengan masakan rumah yang kurang variasi,atau mungkin suasana rumah yang monoton sedikit membuat kita bergairah.Tapi keseringan makan diluar juga dapat mematikan cinta,apalagi bagi yang ekonomi lemah.

     d. Memberi pujian/hadiah sebagai bagian dari bentuk penghargaan. Tak harus mahal,tapi pujian saja,atau mungkin sekedar memasak masakan special kesukaan pasangan,atau mungkin sekuntum bunga,tapi menumbuhkan kesan yang cukup romantis dan penuh makna.Pemberian hadiah yang terlalu sering,justru akan memperkecil makna,dan lama lama akan menjadi hal yang biasa dan bisa memudarkan arti cinta itu sendiri.

     e. Cemburu. Cemburu yang sesuai dengan dosis dan takarannya sangat diperlukan. Tapi harus sangat hati hati. Dalam intensitas yang tinggi,cemburu justru akan membunuh cinta yang sedang mekar. Tapi dengan ukuran yang tepat,cemburu juga sangat dibutuhkan,sebagai lambang dari rasa memiliki yang cukup besar dan pertanda Cinta selalu bersemi.

5. Menyusun rencana Masa Depan.
Tak ubahnya sebatang pohon,pada masa masa tertentu,kita harus membuat rencana,pohon itu akan kita bentuk seperti apa,mungkin ada dahan,ranting atau daun yang mesti kita pangkas,atau perlu dicangkok,ditempel atau di sambung. Demikian juga dengan cinta,ada masanya kita harus menyusun rencana baru,suasana baru agar cinta tumbuh sesuai dengan yang kita inginkan. Barangkali ada kondisi masa lalu yang mesti kita buang,atau tidak boleh hadir lagi,karena dikhawatirkan akan merusak pertumbuhan Cinta kita. Namun sebaliknya,mungkin ada pengalaman/rencana masa lalu yang harus terus dipertahankan dan ditumbuh suburkan. Barangkali juga kita harus membuat rencana renacana baru yang selama ini masih diluar konsep.Hal ini juga berlaku untuk masalah keuangan. Keuangan yang disusun dan ditata secara bersama,akan tumbuh subur,walau dibangun dari bibit yang sangat kecil. Masalah keuangan juga sangat sensitif mempengaruhi pertumbuhan cinta. Keuangan yang tidak dikelola secara bijak,akan berakibat fatal seperti pemborosan atau mungkin kecurigaan satu sama lain dan akhirnya mengurangi kesuburan cinta antara kita dan pasangan.

6. Basmilah setiap hama yang dapat menghambat atau mematikan pertumbuhan cinta dan kasih sayang. Contohnya :

- Jangan simpan masalah berlama lama,baik menyimpannya sendiri dalam hati,maupun masalah yang memang sedang berkembang dalam diri kita dan pasangan. Usahakan menyelesaikan masalah sebelum mata terpejam,agar besok pagi terbangun dengan suasana hati yang lebih bahagia.Atau Jangan sampai pasangan keluar dari pintu,sebelum masalah terselesaikan,agar nanti kembali mengetuk pintu dengan salam dan senyuman yang menyejukkan.Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya,selama kita memang punya niat untuk menyelesaikannya.Ajaklah diri sendiri untuk selalu membangun toleransi pada pasangan,dan permudahlah untuk minta maaf dan memberi maaf.

- Jangan biarkan ada jarak dan pemisah antara hati kita dan yang kita cintai,apalagi diberi peluang untuk diisi orang ketiga. Buatlah keputusan bersama dalam masalah cinta kita,jangan sekali kali menyediakan kisi yang bisa diisi oleh pihak manapun,jika cinta yang kita semai tidak ingin tumbuh dengan design orang lain.

- Munafik adalah hama yang paling berbahaya dan mematikan dalam sepohon Cinta. Jangan pernah Munafik diberi kesempatan hadir diantara kita dan yang kita Cintai. Sekali memulai kebohongan,maka akan melahirkan kebohongan kebohongan berikutnya,dan sekali ketahuan berbohong,makan selamanya kita tak kan dapat dipercaya. Jagalah setiap yang dititipkan oleh orang yang kita cintai.Peliharalah seperti layaknya kita memelihara hati kita sendiri. Hindari ingkar janji,karena janji adalah hutang yang tetap akan ditagih. mencoba ingkar janji,berarti berani mempermainkan hati orang yang kita sayangi. berhati hatilah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar