Rabu, 01 Februari 2012

Brownies Kukus Ketan Hitam



Untuk Para pencinta ketan Hitam,saya yakin,jenis Cake yang satu ini cukup menggiurkan. Karena uji coba dilakukan setelah disuguhkan pada suamiku yang selama ini kurang menyukai ketan hitam. Hasil nya berbanding terbalik dengan tepung ketan hitam yang sudah di olah menjadi Brownies kukus ini. Asalnya saya melirik Resep Bu Fatma Bahalwan,hanya saja,ada beberapa hal yang saya modifikasi sendiri. terserah bagi yang mau mencoba..pakai yang saya lakukan,atau pakai resep aslinya.

Kemungkinan gagal dalam pembuatannya juga cukup kecil,baik bagi pemula,apa lagi yang sudah mahir..Yuk jangan malu malu untuk mencoba..:)


Bahan :
6 btr          Telur
200 gr        Gula Pasir
1 sdt          Cake Emulsifier
350 gr        Tepung Ketan (saya pakai 250 gr tepung ketan hitam dan 100 gr terigu)
¼ sdt         Garam (saya ga pakai,karena saya rasa asin dr santan sudah cukup)
150 ml        Minyak sayur
200 ml        Santan

Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.
  2. Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
  3. Masukkan adonan kedalam 2 buah loyang loaf ukuran 10x22x8cm ( Saya pakai loyang bulat seperti yg di gambar,jd cukup 1 loyang aja) ,yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.
Selamat mencoba..Alhamdulillah kata yang tadi mencicipi Lembut dan nikmat...:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar