Minggu, 07 Agustus 2011

Sate Padang


Sate Padang






Seperti Biasanya,Sate Padang terdiri Daging sapi,Lidah Sapi,dan jeroan. Sate padang biasanya dinikmati dengan Irisan Lontong,kerupuk ataupun sala lauak. Kuahnya berbeda dengan Sate kebanyakan. Lebih kental dan dibuat dari air rebusan daging sate itu sendiri. Taburan bawang goreng,akan menambah aroma dan rasa bagi para penikmatnya.


                                                                                                      
                                                                                                      Sate Kerang /Lokan
                                                                                                      ===============


Waktu kuliah,ini jajanan yang tak mampu ku lewatkan..sate lokan (Sate Kerang). Tukang satenya pun sampai hafal..kalau diriku belum beli,situkang sate masih enggan beranjak mendorong gerobaknya menjauhi tempat kos ku. Ditemani Sala lawuak dan kerupuk Palembang,akan lebih puas lagi. Ouh...membuat angan ku melayang ke masa lalu. Karena jauh dari kampung,terpaksa jajanan ini ku usahakan hadir dari dapur sendiri.

Resep


Kuah sate ;


pada prinsipnya,bumbu sate padang itu,adalah gabungan antara bumbu rendang dengan bumbu Soup.
Jadi terdiri dr bawang merah bawang putih,jahe,ketumbar,kunyit,laos,daun jeruk,cabe merah,cabe rawit,merica,pala,kayu manis,daun bawang,cengkeh bunga lawang dan kapu laga,daun bawang dan seledri.Ada juga yang senang ditambahkan dengan kacang tanah yang sudah di gonseng dan dihaluskan.

Cara bikinya,..kalau bisa bumbu dibagi 2. Separoh utk kuah,separoh utk menumis daging.

=rebus daging terlebih dahulu,bikin seperti membuat soup. Agar kuahnya lebih nikmat,rebus bersama tulang atau gajih.

= Setelah empuk,pisahkan daging dengan kuah.

= Potong" daging spt biasa lalu tumis dengan sebagian bumbu,lalu tusuk.

= Tumis sisa bumbu yang lain,jangan lupa daun jeruknya,krn itu sangat mempengarruhi rasa dan aroma. Lalu masukkan ke Kuah (air rebusan daging)

= Larutkan tepung beras/tepung terigu bersama air dingin,lalu masukkan ke dalam kuah. Panaskan sambil diaduk sampai kental.

= kalau belum bisa menakar perbandingan kuah dengan tepung,sebaiknya air kuah diambil sedikit sedikit dulu,lalu di masak sedikit sedikit saja.



Note :
            = Biasanya,diwaktu merebus daging,aku sertakan bumbu Soup,dan rempah yang masih bulat,seperti pala,cengkeh,bunga lawang dan kapulaga dan kayu manis. Tapi untuk tumisan bumbu,aku pakai bumbu kari yang sudah di mix dan dihaluskan.


           = Tambahkan kacang tanah yang sudah digonseng dan dihaluskan kedalam larutan kuah,jika suka.
           
           = Sebagian ada yang menambahahkan  ikan asin peda kedalam bumbu,dan bermanfaat sebagai penyedap. Tapi aku belum  pernah menggunakan ini. 


Karena kali ini yang kita buat sate kerang/lokan,maka kita harus siapkan air kaldu daging terlebih dahulu untuk kuahnya. Tanpa air kaldu sebenarnya bisa saja kita bikin,tapi rasanya akan kurang maximal.
Untuk menumis kerang,kita bisa gunakan bumbu yang sama. Sepertinya terlihat sedikit ribet,tapi kalau sudah dikerjakan InsyaAllah tidak sesusuah yang di bayangkan. Untuk bumbu merica,kayumanis,kapu laga dll,kita bisa gunakan bumbu kari bubuk yang sudah jadi di toko toko terdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar