Jumat, 17 Februari 2012

Persiapan hingga hari pertama keberangkatan

Tahun ini kami sengaja waktu cuti ga pulang ke Indonesia. Karena disamping irit biaya,orang tua juga baru saja berkunjung ke Qatar Juni lalu.

Untuk menghabiskan cuti tahun ini,kita sekeluarga mulai berfikir keras. Maunya sih yang dekat dekat saja biar irit sesuai kantong..hehehe..ketahuan deh..
Kalau bisa tadinya mau bawa mobil aja..kenegara terdekat.
Tapi apa boleh buat..kondisi keamanan,yang dipengaruhi oleh gejolak timur tengah,membuat kami harus berfikir kembali. Apa lagi mobil yang dibawa pastinya bernomor polisi sini.

Dilema memang waktu itu...
Mau ke Turky juga suami ga mau,karena ga bakalan kuat dingin disana,secara waktu itu bulan Desember..lagi dingin dinginnya..begitu berita dari teman yang sudah pernah kesana.

Trus kemana dong..??

Sudah lama juga kami berencana ingin main ke Egypt..Yang terkenal dengan para nabi dan Fir'aun.Apa lagi banyak adik adik sekampung dan adik adik kelas yang kuliah disana. Sekalian juga bisa Silaturrohiim dengan mereka dan penasaran dengan Al Azhar yang terkenal ke seantero dunia itu.

Coba coba intip Harga tiket..

Hmm..Ada Fly Dubai..harga nya lumayan bersahabat..Waktu ngintip pertama cuma 900 QR/org PP. Tapi hati belum yakin..dan sempat didiamkan beberapa lama..

Yah..ternyata makin hari makin naik dan naik lagi...

Tanpa begitu di niatkan,kebetulan lagi ada acara Halal bi Halal Ibu ibu Indonesia di Qatar Charity,dan kebetulan juga kantor Fly Dubai ada di dekat situ..
Iseng...kami cek cek harga tiket...
Eupz..ternyata nyangkut dan lansung beli deh...

Waktu itu kondisi Egypt dilihat dari berita dan informasi dari adik adik disana,sudah mulai kondusif. 

Namun kami tidak lansung mengurus Visa. Karena dari info teman teman yang sudah pernah kesana,Visa dapat di urus 1x24 jam selesai. jadi dengan PD kita santai santai aja,sambil memantau kondisi yang kembali bergejolak turun naik. Waktu itu hanya berfikir,kalau ga memungkinkan,kita akan putar haluan saja,mungkin kemanaa gitu...:)

Setelah beberapa hari tiket di tangan,tanya punya tanya,ternyata ada teman juga yang mau ikut kesana,dan kebetulan ada adiknya juga baru masuk kuliah disana. Seiip deh..makin semangat...ada teman..

Hari sudah masuk bulan Desember..Waktu keberangkatan semakin dekat..tapi kebetulan di awal Desember itu,jadwal kerja suami juga lagi sibuk sibuknya gantiin teman yang lagi cuti...Tapi kita masih santai...karena bayangan pengurusan Visa cuma 2 hari paling lama.

Tanggal 8 Desember,saya dan suami coba mendatangi Egypt Embassy di Westbay..Disana tertulis juga,kalau pengurusan Visa hanya 2 hari asal suratnya lengkap. Apa lagi kalau ada surat dari perusahaan. Karena waktu itu,suami belum mengurus surat dari perusahaan,kami pulang lagi sambil melengkapi pas foto dengan latar putih.Ok lah..InsyaAllah datang lagi hari rabu depan..krn Jum'at sabtu Libur..dan suami kerja hingga Selasa.

Tapi suami teman mencoba mengurus pada hari senin...dan diluar dugaan,berita yang ditemui sangat mengejutkan.
Kata petugas disana,untuk Indonesia,Filipina dan Malaysia serta beberapa negara lainnya,minimal harus menunggu 2 minggu dulu persetujuan dari Cairo..Oups...ada apa gerangan??

Saya dan suami serasa kurang yakin..karena pengumuman yang kami baca sangat jelas..hanya butuh 2 hari untuk pengurusan Visa.
Hari Rabu kami datang lagi kesana..
Ternyata oh ternyata...pengumuman itu hanya dia tulis secara global..dan untuk pengecualian seperti Indonesia,dan bbrp negara lain,itu hanya dia sampaikan dari mulutnya..hmmmhh..

Panik mulai melanda..hari sudah tanggal 14..tiket di tangan tanggal 22. Sementara untuk menunggu konfirmasi dari Cairo saja butuk waktu minimal 2 Minggu...Cuti juga sudah disusun sedemikian rupa,dan masa cuti akan berakhir 31 Desember. Libur Dita lumayan ada toleransi,..masih bisa di geser,karena masuk sekolah masih agak lama..tapi cuti ayahnya tidak..begitu juga dengan cuti teman.

Dalam kepanikan,barulah teringat menelpon adik yang ada disana. Barangkali ada solusi. Sedikit ada angin segar..travel disana bisa urus,tapi minimal 1 Minggu katanya.

Kalau dihitung hitung,sepertinya pas..walaupun mepet banget. diputuskanlah adik disana yang mengurus..sambil semua berdo'a dalam kegelisahan..antara selesai dengan tidak..hmm..sungguh mencemaskan..

Jadwal ditiket semakin dekat..hari Kamis jam 4PM sudah harus take off..tapi sampai jam 4 PM hari Rabu,Visa belum keluar juga. Travel minta tunggu sampai besok pagi jam 10AM. Tiket akhirnya di mundurkan hingga hari Jum'at jam 6 PM. Dengan resiko kena denda masing masing 60 QR...Ok Lah..lanjuuutt..

Hingga Kamis Sore jam 4 PM..Visa tetap belum dinyatakan Ok..ya Tuhan..gimana dong..??
Dengan ragu dan entah bagaimana perasaan waktu itu..Tiket akhirnya kami batalkan. Tapi karena teman booking lewat internet,dia harus batalkan lewat internet juga. Jadi agak telat krn internet nya lagi lamban.

Pupus sudah harapan ke Egypt seketika..ya sudah lah..

Namuunn..Hanya beberapa menit setelah tiket di batalkan,datang kabar dari Cairo,bahwa Visa sudah jadi..dan kita bisa berangkat...yaaaaaaaahhh..
Ga mungkin dong...sistem sudah masuk..ga bakal bisa di cabut lagi pembatalan itu..walaupun dengan hitungan detik..Tragisss...ckckck

Waktu itu baru terasa hikmah nya internet macet,bagi teman yang belum membatalkan tiketnya. Tapi bagi kami?? Harus beli lagi???

Kita putuskan untuk pulang kerumah dulu..mau benar benar dipastikan dulu..itu Visa benar benar sudah ditangan atau belum? Trus kami juga tidak mau gegabah lagi..mau nya melihat dulu print out nya,biar yakin,beru deh,beli tiket lagi.Karena,dengan meng Cancel dan membeli lagi,pastinya akan menelan biaya yg lumayan juga.

Sesampai di rumah,kami hanya dapat Copy an dr Visa yang masih belum sempurna jadi. Yang bisa meyakinkan baru no Visa nya saja. Tapi kata pihak travel disana,itu juga sudah cukup..
Ya Sudah lah..kami beli tiket lagi..dengan selisih sekitar 500 QR dr yg di Cancel..hmm..lumayan gede..tapi itu resiko dan pengalaman yang paling berharga.

Dengan ketidak pastian itu,kami juga berangkat dengan kurang persiapan.Dari persiapan penukaran uang,Packing,dan segala yang mesti dibawa kesana serba tergesa gesa.

Apa lagi waktu itu hari Jum'at. Money Changer umumnya tutup sampai jam 2. Sementara kami sudah harus cek in jam 4.Itu juga pas cek In,kami sempat tertahan beberapa saat,karena Visa kami yang hanya secarik kertas untuk beberapa orang,dan yang tertulis hanya nama dan no Visa.Petugas disana sempat ragu dan mempertanyakan Visa yang aneh itu..hihihi..Nekad nih orang..mungkin gitu fikirnya. Apa lagi pas dengar  kami mau ke Egypt..mereka sempat kaget sambil bengong dan reflex bertanya..."Egypt"??
Akhirnya kami baru sempat nukar uang di Dubai Airport. Tapi ini ternyata tidak recommended ..karena dari QR dia akan kurs kan dulu ke uang Dubai..dan dr situ baru dia kurs kan ke uang Pond Egypt. Jadi kita akan dirugikan cukup banyak. Sebaiknya kalau mau tukar,tukar saja di Negara Asal,atau di negara tujuan.





Inilah kondisi Dubai air port. Ternyata Fly Dubai,punya terminal sendiri disana,dan tidak dilengkapi WIFI..hmm..Bete dweehh..mungkin karena bayarannya murah kali ya? Jadi wifi aja tidak tersedia..untung tidak berlama lama transit disana,dan kita take off lagi..Untung juga Dita bawa bacaan segembol..jadi sikutu buku ini bisa tamatkan bukunya yang setebal bantal itu..:D



Sampai di borg El arab Airport Alexandria,kami landing jam 11:30 malam. Sebelum ke pintu imigrasi,kami bayar Entry Visa dulu 15 US$ / orang.Diluar Visa yang di urus travel senilai 65US$/org.Berbeda dengan Visa yang kita urus sendiri dari negara asal..tidak harus dibayar lagi disana.
Tapi kami keluar dari imigrasi sana paling terakhir,dan cukup lama tertahan disana.Yah..itu dia..dikarenakan Visa kami yang asal jadi itu. wkwkwk..Untung aja ada teman..jadi kami jalani dengan Happy aja sambil berdo'a.



Segala urusan per Visaan dan bagasi segala macam,baru selesai sekitar pkl 00:30 pagi. baru Dweehh..ketemu dengan adik adik yang menjemput jauh jauh dari Cairo...Terima kasih ya adik adik..jazakumullahu Khairon katsiro...



Dari Alexandria,kami naik mobil coaster yang lumayan lega..Semua sudah di atur dan dipersiapkan oleh adik adik disana..kami tinggal duduk manis aja..Alhamdulillah..




Dari Alexandria ke Cairo,menghabiskan waktu Kurleb 4 jam. Tapi saking Happy nya,walaupun sudah tengah malam,kami malah asik menikmati pemandangan para penjual tongkat di sepanjang jalan Alexandria-Cairo. Walau mata sudah ngantuk..tapi serasa sayang untuk dilewatkan. kami hanya tertidur sebentar saja,dan sampai lah di Cairo yang menjadi kota tujuan itu. Disana,pertama datang,kami menginap di Wisma KPJ (Keluarga Pelajar Jakarta).

Disana kami tinggal seperti di rumah sendiri.selain 2kamar tidur,juga tersedia dapur,ruang makan dan ruang tamu.

setelah solat Subuh,kami sempatkan potong Cake Birth day seadanya,yang dibuat tergesa gesa sambil  Packing dan mondar madir kesana kemari..
Karena harus nya Cake itu sudah sampai tepat pada hari H nya tanggal 23 Desember,sesuai dengan hari lahir nya Andri Azis LC.
Tapi ga papa ya An...yang penting tetap Happy kan?
Semoga Bahagia Dunia dan Akhirat...Aamiin

Jangan kapok ngurusin urusan uni,uda dan Dita ya..:D





Selanjutnya : 






2 komentar: